Blog

karyawan idaman yang dibutuhkan

1. Capability
Capability, yaitu kemampuan dasar yang dibutuhkan untuk melakukan pekerjaannya. Biasanya berkaitan dengan kemampuan nalar, kecerdasan, berpikir sistematis. Seseorang disebut capable, atau memiliki kemampuan jika memiliki tingkat kecerdasan minimal yang dibutuhkan. Capability juga mensyaratkan adanya skill atau keahlian dalam melakukan pekerjaan. Tanpa kemampuan dasar ini, calon karyawan tidak akan mampu melaksanakan pekerjaannya. Untuk menilai dan menentukan apakah seseorang memiliki kemampuan, bisa dilihat dari hasil test pada saat sebelum wawancara. Jangan mengandalkan sertifikat, ijasah, piagam penghargaan atau kertas-kertas lainnya. Walaupun itu dijamin benar, belum tentu relevan dengan kemampuan yang kita butuhkan! Buat serangkaian test yang dapat menunjukkan apakah seseorang itu mampu atau tidak mampu melakukan tugas-tugas yang paling mendasar.
2. Capacity
Capacity yaitu kapasitas maksimum atau potensi kemampuan seseorang yang ditunjukkan dengan keahlian memecahkan masalah (problem solving skill), mengerjakan beban kerja yang berat, mengatasi stress akibat pekerjaan, membuat prioritas/jadwal, dan sebagainya. Capacity ini menunjukkan apakah kualitas seorang calon karyawan itu memungkinkan untuk ditingkatkan atau tidak. Untuk menilai dan menentukan apakah seseorang memiliki kapasitas yang tinggi, berikan beban kerja yang tinggi dengan deadline. Waktu yang terbatas akan menjadi penyebab stress dalam melakukan pekerjaan. Mereka yang memiliki kapasitas yang besar, tidak mudah stress ketika diberikan tugas yang lebih berat dan deadline yang mepet. Tapi mereka yang memiliki kapasitas rendah, akan cepat stress dan menurun kualitas kerjanya.
3. Creativity
Kreatifitas ditunjukan dalam kemampuan memecahkan masalah di luar kelaziman sehingga menjadi lebih efektif, lebih efisien, lebih cepat, lebih menguntungkan. Mereka yang memiliki kreatifitas tinggi biasanya mampu berpikir di luar dugaan orang banyak. Bisa menemukan perspektif, cara pandang baru yang membuat pekerjaan jadi lebih efektif, lebih mudah, lebih efisien.
4. Character
Karakter yaitu watak dasar manusia yang ditunjukkan dalam perilaku sehari-hari, sikap, sopan-santun, kemampuan mengendalikan emosi, dan bagaimana orang merespon sebuah kejadian. Untuk menilai watak dasar manusia ini diperlukan test seperti MBTI (Myers Briggs Type Indicator) atau DISC. Test ini dapat menunjukkan bagaimana watak dasar seseorang dilihat pada kondisi normal dan dalam penuh tekanan. Hasilnya diplot menjadi peta karakter atau personality profile. Dari peta karakter yang dihasilkan, kita bisa meramalkan apakah seseorang cocok untuk melakukan pekerjaan tertentu dengan cara membandingkannya dengan job profile dari pekerjaannya. Orang yang karakternya teliti dan analitik cocok jadi programmer. Orang yang karakternya stabil cocok untuk melakukan pekerjaan-pekerjaan yang rutin. Sebaliknya, orang yang teliti tidak cocok ditempatkan jadi sales atau marketing, sebab di dunia sales dan marketing butuh orang yang berorientasi pada perasaan orang lain. Orang yang stabil tidak cocok ditempatkan dalam posisi pengambil keputusan.
5. Credibility
Kredibilitas ditunjukan melalui kejujuran, integritas sehingga calon karyawan dapat dipercaya, dapat diandalkan untuk memikul tanggung jawabnya dengan benar. Tanpa kredibilitas tersebut, perusahaan tidak percaya kepadanya. Kredibilitas ini bisa tercermin dari perilaku di masa lalu. Track record menjadi sangat penting di level ini. Sekali lancung ke ujian, seumur hidup orang tidak percaya.
6. Commitment
Komitmen ditunjukkan melalui kesungguhan dalam menyelesaikan tugas, walaupun dalam kondisi yang sulit atau tidak menguntungkan. Rasa tanggung jawab ini jauh lebih bernilai ketimbang skill, kapasitas, passion dan sebagainya. Jika orang hanya bermodal passion atau gairah, namun tidak memiliki komitmen maka ia hanya mau melakukan pekerjaan yang disukainya. Jika ia menghadapi situasi yang tidak menguntungkan atau harus melakukan pekerjaan yang tidak disukainya, ia akan pergi meninggalkan perusahaan. Itulah sebabnya komitmen ini hanya bisa terlihat pada saat perusahaan dalam kondisi sulit atau sedang menghadapi masalah.
7. Compatibility
Kompatibilitas ditunjukkan dalam kepatuhan, kecocokan dengan budaya perusahaan, dapat bekerja sama dengan tim dan rekan kerja, dapat bergaul dengan orang atau lingkungan sekitarnya. Core Values, atau budaya inti menjadi penting di sini sebab itu menjadi kompas atau panduan apakah seseorang masih cocok bekerja dengan kita atau tidak. Misalnya, PT. Sandiloka melarang segala bentuk tips dan pemberian, maka mereka yang memandang tips itu sebagai rejeki akan bermasalah dan merasa tidak nyaman.

Read more at: https://ilhamrizqi.com/2013/12/7-kriteria-dasar-memilih-calon-karyawan-7c/

Iklan

prospek jangkamenengah bisnis pisang krispi

  1. tetap menjadi cemilan yang banyak diburuh oleh masyarakat
  2. meningkatnya grafik penjualan
  3. tetap memberikan pelayanan terbaik kepada customer
  4. terus berinovasi dalam memberikan varian rasa

Bisnis Pisang Goreng Krispi

 Pisang goreng jelas makanan nan populer di Tanah Air. Camilan tradisional ini sudah akrab di lidah masyarakat Indonesia.

Supaya tidak monoton, ada pelaku usaha kuliner berbasis pisang yang berinovasi membuat pisang goreng krispi. Berbeda dengan pisang goreng biasa, ciri produk ini renyah.

Adalah Nizar, salah seorang  yang menjajakan camilan pisang goreng krispi. Dia mengusung  merek dagang Pisang Goreng Crispy Bana Bana. Usaha pisang goreng renyah ini dirintis Nizar sekitar tiga tahun silam di Salatiga, Jawa Tengah.

Nizar memilih usaha ini karena melihat pisang goreng krispi laris. Supaya bisa bersaing dengan para kompetitornya, Pisang Goreng Crispy Bana Bana menghadirkan beberapa varian rasa, seperti coklat, susu dan rasa keju. Satu potong pisang goreng dibanderol Rp 4.000.

Lantaran banyak peminat, setahun kemudian, Nizar pun menawarkan kerjasama kemitraan. Meski terbilang baru, saat ini, sudah ada 12 gerai Pisang Goreng Crispy Bana Bana yang tersebar di Semarang, Surabaya, Malang, hingga Kendari. Lima gerai milik pusat, sisanya kepunyaan mitra.

Tertarik menjajal kemitraan ini? Anda harus merogoh kocek senilai Rp 3 juta. Biaya tersebut sudah termasuk kerjasama selama dua tahun, booth, kompor dan regulator, bumbu dan tepung, satu set perlengkapan masak, satu set topping, serta pelatihan karyawan.

Nizar menyebut, satu gerai bisa menjual sekitar 40 porsi hingga 50 porsi pisang goreng krispi. Maka, mitra bisa meraup omzet berkisar Rp 5 juta – Rp 6 juta sebulan.

Setelah dikurangi biaya beli bahan baku, sewa tempat Rp 250.000 per bulan, gaji satu karyawan serta biaya operasional, mitra masih bisa mengantongi laba bersih sekitar 50 persen. Jika target itu tercapai, maka mitra bisa balik modal dalam jangka waktu dua bulan.

Nizar bilang, penghasilan mitra tergantung letak lokasi gerai. Dia mengklaim sudah ada mitra yang balik modal hanya dalam waktu satu bulan karena lokasi yang dipilih strategis.

Pihak pusat tidak mengutip biaya royalti. Namun, mitra wajib membeli bahan baku dari pusat, berupa tepung, pisang serta bumbu-bumbu. Ini demi menjaga kualitas rasa pisang goreng Crispy Bana Bana di setiap gerai.

Hingga pengujung tahun ini, Nizar optimistis, bisa menggaet lima mitra usaha baru. “Berhubung di Semarang banyak pemain yang seperti ini, saya lebih fokus menggaet mitra di luar  kota Semarang,” ujarnya.

Selain itu, tahun depan, ia akan lebih gencar memperbanyak mitra di wilayah Pulau Jawa lainnya, seperti Surabaya, Bandung, Yogyakarta, dan Jakarta. Nizar pun akan menambah beberapa varian rasa baru supaya konsumen tidak mudah bosan.(Pratama Guitarra)

11 Manfaat Pisang Kepok Untuk Kesehatan

Anda pastinya sudah mengenal buah pisang bukan? Ya , buah yang hidup di iklim tropis ini memang sangat banyak ditemukan di Indonesia. hampir semua daerah di Indonesia bisa ditanami buah pisang ini. ada banyak jenis buah pisang yang ditemukan di Indonesia. buah pisang memiliki banyak penggemar dan juga bisa diolah menjadi berbagai jenis olahan enak dan sehat. salah satu jenis buah pisang yang banyak penggemarnya adalah pisang kepok. Pisang kepok atau ada juga beberapa daerah yang menyebutnya dengan sebutan pisang gepeng.

Pisang kepok ini memiliki tekstur keras namun tetap lembut sehingga lebih enak dimakan selain itu rasanya juga manis. Bentuk dari pisang kepok ini adalah buntal dan tidak terlalu lonjong seperti pisang lainnya. buah pisang kepok ini bisa ditemukan di sepanjang tahun karena tidak mengenal musim.

Kandungan pisang kepok

Salah satu jenis pisang yang banyak disukai oleh orang ini tidak hanya memiliki rasa enak saja namun ternyata manfaatnya juga sangat baik bagi tubuh. berikut ini adalah kandungan gizi yang terdapat di dalam pisang kepok.

Dalam setiap 118 gram buah pisang mengandung:

  • 105,2 gram kalori
  • 21,5 gram vitamin B6
  • Vitamin C sebesar 17.1
  • Zat mangan sebesar 16
  • Serat sebanyak 12,3
  • 12,1 kalium

Kandungan tersebut sangatlah baik bagi tubuh sehingga anda tidak perlu lagi ragu untuk mengkonsumsi pisang kepok ya. anda bisa mengolahnya menjadi berbagai jenis makanan yang anda sukai sesuai dengan selera anda masing-masing.

Manfaat buah pisang kepok untuk kesehatan

Jika anda adalah penyuka pisang dan tidak bisa hidup tanpa makan pisang setiap harinya maka anda adalah orang yang beruntung. Hal ini dikarenakan buah pisang kepok sangatlah bermanfaat bagi kesehatan, diantaranya adalah untuk mengatasi berbagai jenis gangguan kesehatan seperti berikut ini:

  1. Melancarkan pencernaan

Kandungan serat di dalam manfaat pisang kepok cukup tinggi sehingga sangat baik untuk mengatasi gangguan kesehatan terutama pada organ pencernaan. Serat akan membuat makanan dalam lambung menjadi seperti gel sehingga lebih mudah dicerna dan diserap vitamin dan gizinya oleh tubuh. selain itu hasil feses yang dihasilkan juga akan lebih lunak namun tidak terlalu encer sehingga sangat baik bagi anda yang memiliki masalah pencernaan.

artikel terkait: manfaat jantung pisang

  1. Mencegah sembelit

Dalam buah pisang kepok mengandung zat pectin dimana zat ini juga sangat baik untuk kesehatan. Bagi anda yang saat ini sedang melakukan program penurunan berat badan.

artikel terkait: manfaat daun pisang

  1. Mengatasi maag

Bagi anda yang saat ini sedang mengalami gangguan pada lambung karena maag juga sangat dianjurkan untuk mengonsumsi buah pisang kepok. Buah pisang kepok ini mengandung efek antacid sehingga bisa menetralkan kadar produksi asam lambung berlebihan. Selain itu buah pisang kepok ini sangatlah baik untuk lambung karena mudah dicerna. Buah pisang kepok dapat anda konsumsi dengan berbagai cara sesuai dengan selera anda masing-masing.

artikel terkait: manfaat kulit pisang

  1. Sebagai sumber potasium

Pisang merupakan sumber makanan yang mengandung zat potassium terbesar dari pada sumber makanan lainnya. jadi bagi anda yang mengalami gejala kekurangan potassium sangat dianjurkan untuk mengonsumsi buah pisang ini ya. potassium merupakan zat yang penting bagi tubuh dan  harus selalu terpenuhi kebutuhannya.

  1. Mengatasi stress

Stress, depresi, kecemasan berlebih dapat mengurangi kadar potassium dalam tubuh. jika ini terjadi maka pikiran anda akan terpecah dan tidak bisa konsentrasi. Jika anda saat ini sedang mengalami kepenatan karena masalah pekerjaan, hubungan dengan pasangan dan masalah lainnya, cobalah untuk segera mengonsumsi pisang karena dengan itu rasa stress dan depresi yang anda rasakan akan dapat dihilangkan dengan mudah.

artikel terkait: manfaat daun pandan wangi

  1. Menyehatkan ginjal

Lagi-lagi kandungan potassium dalam pisang memiliki manfaat yang sangat baik bagi tubuh salah satunya adalah untuk menyehatkan fungsi ginjal. Ginjal membutuhkan potassium untuk bisa membuat kinerja ginjal dalam menyaring sisa metabolisme menjadi urin lebih optimal. Kondisi ini tentunya sangat baik karena proses penyaringan racun dan kotoran bisa maksimal sehingga tidak menimbulkan resiko untuk terjadi penumpukan kotoran yang bisa menyebabkan penyakit batu ginjal dan kencing batu. Selain itu di dalam pisang juga mengandung zat antioksidan fenolik dimana fungsinya sangat baik untuk melindungi ginjal.

artikel terkait: manfaat daun binahong untuk jantung

  1. Menguatkan tulang

Di dalam buah pisang kepok juga mengandung zat prebiotik dimana zat ini berperan sebagai pemaksimal penyerapan nutrisi dalam tubuh. salah satu nutrisi yang bisa dibantu penyerapannya oleh zat prebiotik adalah vitamin D dan kalsium sehingga tulang pun akan menjadi lebih kuat. Bagi anda yang saat ini sedang mengalami masalah gangguan pada tulang misalnya saja keroposan tulang atau osteoporosis dan juga masalah tulang lainnya bisa dibantu diatasi dengan mengonsumsi pisang setiap harinya.

artikel terkait: manfaat apel hijau untuk diet

  1. Mengendalikan tekanan darah

Bagi anda yang memiliki tekanan darah tinggi atau hipertensi sebaiknya melakukan diet namun menambah asupan pisang kepok. Hal ini disebabkan karena kandungan kalium dan sodiumnya yang tinggi sehingga bisa mencegah terjadinya peningkatan tekanan darah secara ekstrim.

artikel terkait: manfaat vitamin B6

  1. Meningkatkan energi

Jika anda saat ini sedang merasa lemas, lunglai dan mudah lelah, cobalah untuk mengonsumsi buah pisang. Hal ini disebabkan karena buah pisang mengandung karbohidrat tinggi sehingga langsung bisa meningkatkan energi dan stamina. Bagi anda juga yang kurang bisa menahan lapar, bisa menjadikan buah pisang sebagai persediaan sebagai penahan lapar karena efektif mencegah lapar dan membuat efek kenyang lebih lama.

artikel terkait: manfaat vitamin b12

  1. Menyehatkan mata

Manfaat lainnya yang bisa anda dapatkan dari buah pisang kepok adalah mampu membuat penglihatan anda menjadi lebih jelas dan cerah. Hal ini disebabkan karena biasanya seiring dengan berjalannya usia mata akan mengalami apa yang dinamakan dengan degerasi macula. Terjadinya degerasi macula membuat sel mata bekerja tidak optimal sehingga pandangan pun akan menjadi lebih kabur. Tentunya anda tidak ingin demikian bukan?

Oleh karena itu konsumsilah buah pisang kepok tiga kali sehari untuk bisa membuat mata anda lebih awas dan lebih sehat. orang yang mengonsumsi buah pisang kepok secara rutin memiliki resiko terkena degerasi macula 35 persen lebih rendah dibandingkan dengan orang yang tidak mengonsumsi buah pisang kepok.

artikel terkait: manfaat bunga cempaka

Itulah manfaat yang bisa anda dapatkan dari mengonsumsi buah pisang kepok. Anda tentunya bisa mengonsumsi dengan berbagai cara sesuai dengan selera anda masing-masing.

Cara mengonsumsi pisang kepok dengan benar

Untuk bisa mengonsumsi buah pisang anda bisa langsung mengonsumsinya dalam keadaan segar dan yang sudah matang. Namun selain itu anda juga bisa mengolahnya menjadi aneka camilan sehat. menurut pakar kesehatan, mengonsumsi camilan yang terbuat dari pisang lebih sehat bagi tubuh dibandingkan dengan mengonsumsi biscuit.

Namun yang perlu anda perhatikan dari cara mengolah buah pisang kepok ini adalah untuk tidak mengolahnya dengan cara digoreng seperti menjadi pisang goreng, pisang cokelat, pisang meler, atau pisang molen dan lainnya. mengolah pisang kepok dengan cara digoreng justru tidak baik karena bisa menghilangkan kadar nutrisi yang ada di dalam buah pisang kepok dan sangat berpotensi menaikan kadar lemak jenuh atau lemak trans dalam buah pisang kepok. Hal tersebut tentu saja tidak baik karena akan beresiko menyebabkan berbagai jenis penyakit seperti koleseterol, serangan jantung, obesitas, diabetes, dan juga tekanan darah tinggi serta stroke.

Lalu bagaimana cara mengolah buah pisang kepok yang baik dan sehat? berikut ini adalah beberapa alternatif menu dari pisang kepok yang bisa anda gunakan.

  • Membuat buah pisang kepok menjadi jus atau banana smoothies. Minuman yang satu ini tentunya sudah tidak asing lagi bagi anda bukan? Selain enak, banana smoothie dan jus pisang kepok sangatlah bermanfaat bagi tubuh. anda bisa menambahkan madu, susu rendah lemak dan juga buah-buahan lainnya sebagai pelengkap.
  • Mencampurkan irisan pisang kepok ke dalam oatmeal. Oatmeal akan lebih lengkap nutrisinya dengan menambahkan irisan pisang kepok jika perlu anda juga bisa menambahkan buah lainya supaya lebih enak.
  • Membuat kue bolu dengan dicampur buah pisang yang telah dihaluskan. Kue bolu dari buah pisang ini tentunya akan memiliki cita rasa yang lebih enak dan unik serta membuat bolu menjadi lebih bergizi.
  • Alternatif menu lainnya adalah anda bisa mengoleskan selai kacang pada buah pisang kepok karena rasa pisang akan menjadi lebih enak dank has.

Tips memilih pisang kepok

Jika anda ingin mengonsumsi buah pisang maka sebaiknya anda bisa memilihnya dengan baik. jika anda ingin mengonsumsi saat itu juga maka sebaiknya pilih yang sudah benar-benar matang dan kulitnya berwarna kuning. Sedangkan jika anda tidak ingin mengonsumsinya saat ini juga atau untuk besok-besok maka sebaiknya anda pilih yang masih belum cukup matang saja supaya nantinya tidak busuk dan tetap enak dimakan.

Demikianlah ulasan mengenai manfaat buah pisang kepok yang perlu anda ketahui. Buah pisang kepok ini bisa anda dapatkan dengan mudah di toko buah terdekat karena ada banyak penjual yang mejajakan buah pisang kepok

Makan 2 Buah Pisang Sehari! Rasakan 7 Manfaat Ini, Nomor 5 Penting Banget

Buah selalu bisa menjadi obat alami yang manjur terhadap berbagai penyakit.Makanan sehat memang selalu tidak enak.

Tapi bagaimana caranya agar kamu tetap sehat bisa diatasi dengan makan buah.

Pisang salah satunya, buah ini memiliki beberapa manfaat yang sangat kalian butuhkan.

Pisang bukanlah makanan sehat yang tidak enak.

Siapa yang tidak suka pisang?

Pisang dibuat berbagai macam menu makanan juga, mulai dari digoreng sampai dibikin kue dan sebagainya.

Namun, manfaat buah panjang dan kuning ini akan lebih terasa jika kamu memakannya dua buah sehari.

Melansir dari Bright Side, berikut 7 manfaat buah pisang yang akan kamu rasakan saat memakannya 2 buah sehari.

1. Tekanan arteri akan kembali normal

Pisang mengurangi tekanan darah tinggi.

Mereka mengandung sekitar 420 mg kalium.

2. Kelebihan berat badan menghilang

Pisang kaya akan serat, yang membuat kamu tidak lagi ingin makan sekali dikonsumsi.

Pisang juga mengandung sejenis pati yang mengurangi nafsu makan.

Ini mengurangi tingkat gula dalam darah dan meningkatkan sensitivitas tubuh terhadap insulin.

Jika sel-sel tubuh tidak sensitif terhadap insulin, mereka tidak bisa menyerap glukosa, dan pankreas mulai memproduksinya dalam jumlah yang lebih besar.

Tubuh yang terakumulasi lemak tergantung pada hadir insulin.

3. Risiko anemia turun

Risiko anemia turun

4. Pencernaan membaik

Pisang mudah dicerna dan tidak mengiritasi saluran gastro-intestinal.

Pati resisten yang terkandung dalam pisang tidak dicerna dan berakhir di usus besar di mana ia berfungsi sebagai media nutrisi yang efektif untuk bakteri sehat.

Pisang bisa dimakan ketika seseorang memiliki gastritis dan mulas.

Mereka mengembalikan mineral yang hilang ketika seseorang menderita diare.

5. Tingkat stres akan berkurang

Pisang meningkatkan mood.

Mereka mengandung tryptophan, yang diperlukan oleh tubuh kita untuk menerima serotonin ( “hormon kebahagiaan”).

Rata-rata, setiap pisang mengandung sekitar 27 mg magnesium.

Mineral ini bertanggung jawab untuk menghasilkan suasana hati yang baik dan tidur yang sehat.

6. Defisit vitamin Anda akan diisi

Pisang kaya akan vitamin B6.

Rata-rata, satu pisang mengandung sekitar 20% dari kebutuhan harian vitamin B6.

Ini membantu tubuh memproduksi asam insulin, hemoglobin, dan amino yang diperlukan untuk penciptaan sel-sel sehat.

Meskipun kami biasanya berpikir bahwa jeruk dan stroberi mengandung jumlah terbesar dari vitamin C, pisang sebenarnya mengandung 15% dari norma kita sehari-hari dari zat penting ini.

Vitamin C merupakan anti-oksidan penting yang menetralkan radikal bebas berbahaya.

Hal ini juga membantu menjaga pembuluh darah sehat dan menghasilkan kolagen.

7. Tingkat energi akan meningkat

Kalium yang terkandung dalam pisang melindungi otot dari kram.Sementara karbohidrat menyediakan energi yang cukup untuk bertahan latihan berat.

Tugas dan Fungsi Manajemen Keuangan serta Job Des Manajer Keuangan

Uang adalah hal yang selalu diinginkan oleh siapa saja, namun ketika mereka mendapatkan atau memiliki banyak uang, tentu banyak cara pula untuk menghabiskan uang tersebut. Mengatur uang bukanlah hal yang mudah namun menghabiskan uang adalah hal yang cukup mudah.

Pada beberapa perusahaan besar, keluar masuknya uang harus didasarkan pada tujuan tertentu dan disinilah peranan manajemen keuangan sangat penting.

Sebenarnya siapa saja pasti menginginkan untuk meminimalkan biaya atau pengeluaran namun mereka bisa menginvestasikan uangnya dengan mudah. Berbicara masalah uang tentu siapa saja menginginkannya dan ingin mengatur uang tersebut agar bisa digunakan dalam jangka waktu yang lebih lama.

Keuangan yang baik tentu akan memudahkan seseorang untuk mendapatkan apa yang diinginkan, namun jika kondisi keuangan buruk maka seseorang bisa mengalami kerugian atau masalah yang cukup serius.

Pada perusahaan misalnya, bila kondisi keuangan perusahaan tersebut buruk maka kegiatan operasional perusahaan juga bisa mengalami masalah, namun bila konsdisi keuangan perusahan cukup bagus maka perusahaan bisa menjalankan operasionalnya dengan mudah.

Karena itu begitu penting masalah keuangan sehingga perlu diatur dengan baik agar uang tersebut bisa dialokasikan secara efisien dan efektif.Uang merupakan alat tukar yang dikeluarkan pemerintah untuk digunakan dalam transaksi jual beli.

Sedangkan keuangan merupakan suatu proses administrasi yang mengatur keluar masuknya uang dalam suatu perusahaan, lembaga maupun individu.

A. Pengertian manajemen keuangan
Manajemen itu sangat luas bahkan selalu digunakan untuk berbagai bidang usaha demikian juga dengan manajemen keuangan. Manajemen keuangan merupakan suatu proses perencanaan, anggaran, mengelola, pengendalian, mencari dan menyimpan dana pada suatu perusahaan, organisasi maupun individu.

Pada suatu perusahaan misalnya, seorang manajer keuangan, dia bukan hanya mengelola keuangn perusahaan, namun banyak halyang harus dia ketahui.

Manajer keuangan harus mengetahui semua unsur keuangan, apa saja yang harus dia lakukan untuk mencapai tujuan atau kemakmuran perusahaan tersebut. Seorang manajer keuangan harus mengetahui semua unsur manajemen keuangan. Bila manajer keuangan tidak mengetahui unsur-unsur tersebut maka sangat sulit baginya untuk menjalankan perusahaan dan mengatur keuangan yang berhubungan dengan operasional perusahaan.

Semua aktivitas manajemen keuangan harus diketahui oleh manajer keuangan dan yang paling penting adalah analisa sumber dana yang akan digunakan perusahaan untuk mendapatkan keuntungan yang besar.

Jadi sangat penting seorang manajer keuangan dalam mengelola keuangan perusahaan agar operasional perusahaan bisa berjalan dengan baik bahkan jika manajer keuangan salah menjalankan satu unsure saja,maka unsure lainnya juga akan terpengaruh. Karena itu bagi seorang manajer keuangan sangat penting menguasai manajemen keuangan agar perusahaan bisa dijalankan dengan mudah dan keuntungan perusahaan bisa didapatkan tanpa harus menghilangkan unsur lainnya.

Manajemen keuangan berhubungan dengan beberapa hal diantaranya adalah:
• Kegiatan penggunaan dana
• Kegiatan perolehan dana
• Kegiatan untuk mengelola dana

B. MANAJER KEUANGAN
Dalam setiap perusahaan atau perseorangan sangat tepat bila ada seorang manajer keuangan. Tugas dari manajer keuangan tersebut sangat vital dalam mengatur keuangan suatu perusahaan, mungkin tanpa seorang manajer keuangan anda akan kesulitan dalam mengatur semua kebutuhan yang harus disiapkan saat ini maupun kebutuhan yang akan digunakan perusahaan dalam jangka panjang maupun jangka pendek.

Manajer keuangan adalah seseorang yang memiliki hak untuk pengambilan keputusan yang vital dalam suatu perusahaan.

Keputusan tersebut menyangkut semua hal yang berhubungan dengan pemasukan dan pengeluaran keuangan dalam perusahaan. Keputusan yang dilakukan oleh manajer keuangan biasanya menyangkut kelangsungan hidup perusahaan untuk saat itu maupun dalam jangka panjang.

Manajer keuangan bukan hanya sekedar mengetahui keuangan suatu perusahaan namun juga memiliki kegiatan untuk operasional dalam perusahaan. Ada beberapa aspek yang dikerjakan oleh manajer keuangan diantaranya adalah perencanaan, membuat keputusan dan selanjutnya manajer keuangan bekerja sama dengan manajer perusahaan untuk operasional perusahaan.

Manajer keuangan akan merencanakan anggaran yang dibutuhkan perusahaan untuk operasional. Dalam kegiatan ini manajer keuangan akan bekerja sama dengan manajer perusahan dan divisi lain untuk membuat perencanaan anggaran keuangan yang tepat.

Bila anggaran yang direncanakan salah maka operasional perusahaan juga bisa terpengaruh. Karena itu manajer keuangan harus benar-benar teliti dalam membuat anggaran perusahaan agar dana yang dimiliki bisa digunakan secara maksimal.

Seorang manajer keuangan harus bisa memutuskan pembiayaan maupun investasi dalam perusahaan dan dia juga harus bisa bekerjasama dengan manajer perusahaan maupun divisi lainnya agar operasional bisa berjalan dengan baik.

Manajer keuangan juga harus bisa mengatur dan menghubungkan pasar modal dan pasar uang terhadap perusahaan yang dijalankannya. Hal ini adalah untuk mendapatkan dana dan juga memperdagangkan saham atau surat berharga perusahaan.

Dengan demikian ada beberapa fungsi utama dari manajer keuangan dalam menjalankan manajemen keuangan suatu perusahaan diantaranya:
• Memutuskan beberapa aktiva yang bisa dikelalola oleh perusahaan
• Memutuskan segala sesuatu yang berhubungan dengan dana yang dimiliki dengan pembelanjaan perusahaa dalam rangka operasionalnya.
• Memutuskan pengelolaan dan penggunaan dana maupun aktiva.

C. FUNGSI MANAJEMEN KEUANGAN
Dalam menjalankan manajemen keuangan tentu setiap perusahaan mengharapkan sesuatu yang lebih baik dari sebelumnya. Dengan adanya manajemen keuangan yang efektif dan efisien diharapkan perusahaan mampu bersaing dengan perusahaan lainnya. Bukan hanya itu, dengan adanya manajemen perusahaan tentu akan lebih mudah dalam pengelolaan dana untuk operasional.

Berikut beberapa fungsi manajemen keuangan:
• Perencanaan keuangan
Fungsi ini adalah untuk merencanakan keuangan yang berhubungan dengan pengeluaran dan pemasukan uang dalam perusahaan untuk periode tertentu. Dalam perencanaan ini tentu semua biaya dan pemasukan akan dirinci satu persatu dan diharapkan bisa mengelola keuangan untuk mencapai tujuan perusahaan atau individu.

Perencanaan keuangan ini berisikan daftar tentang tujuan-tujuan keuangan yang dilengkapi dengan cara bagaimana mencapai tujuan tersebut. Karena itu kadang perencana keuangan tidak bisa memberikan jawaban yang bersifat umum kepada tiap orang atau perusahaan. Hal ini dikarenakan tiap perusahaan atau individu memiliki kondisi, tujuan dan strategi yang berbeda dalam mengembangkan usaha.

• Anggaran keuangan
Setelah manajer keuangan melakukan perencanaan keuangan maka selanjutnya adalah penganggaran keuangan. Penganggaran ini merupakan tidak lanjut dari perencanaan keuangan dengan cara membuat secara detail tentang pengeluaran dan pemasukan yang ada di perusahaan tersebut. Anggaran keuangan merupakan suatu anggaran untuk menyusun anggaran neraca dalam suatu perusahaan atau perorangan.

Dengan penganggaran tersebut maka perusahaan bisa lebih mudah mengetahui seberapa besar kebutuhan dalam satu periode atau kebutuhan dalam jangka pendek maupun jangka panjang. Selain itu kegiatan penganggaran ini juga untuk mengetahui besarnya modal yang harus digunaka untuk operasional perusahaan.

• Pengelolaan keuangan
Manajemen keuangan juga berfungsi untuk mengatur pengelolaan keuangan dengan tepat. Dengan menggunakan dana yang dimiliki suatu perusahaan maka pengelolaan keuangan juga menggunakan dana yang dimiliki untuk digunakan dalam operasional dengan tepat.

• Menyimpan uang
Manajemen keuangan akan mengumpulkan dana perusahaan maka dana yang terkumpul tersebut akan disimpan agar aman.

• Pengendalian keuangan
Dalam kegiatannya manajemen keuangan juga akan mengendalikan dana yang dimiliki perusahaan agar tidak digunakan sia-sia.

• Pemeriksaan dan pelaporan keuangan
Untuk mencegah penyimpangan terhadap dana perusahaan maka manajemen keuangan akan mengatur pemeriksaan keuangan kemudian melaporkan semua pemeriksaan keuangan tersebut kepada atasan dengan data yang akurat.

D. AKTIVITAS MANAJEMEN KEUANGAN
Ada beberapa aktivitas dalam manajemen keuangan yang harus diketahui oleh manajemen keuangan dan untuk menjalankan perusahaan dengan baik. Beberapa aktivitas manajemen keuangan diantaranya:

1. Perencanaan keuangan
Keuangan suatu perusahaan memang perlu direncanakan, hal ini adalah untuk memudahkan pemilik perusahaan, manajer keuangan maupun divisi lainnya untuk mendata semua kebutuhan yang harus dimiliki untuk periode produksi saat itu maupun untuk beberapa waktu kedepan.

Jadi perencanaan keungan bukan hanya untuk satu atau dua bulan saja namun bisa juga perencanaan keuangan tersebut digunakan untuk jangka panjang. Suatu perusahaan yang tidak memiliki perencana keuangan yang baik tentu akan sulit untuk meminimalkan biaya atau mengontrol dana yang dimiliki.

Dengan perencanaan keuangan tersebut akan memudahkan manajer keuangan untuk mengatur keuangan secara efektif dan efisien untuk mendapatkan laba yang lebih besar. Perencanaan tersebut juga efektif untuk menekan biaya operasional yang dirasa kurang perlu dan bisa menghabiskan dana perusahaan tanpa ada hasil.

Dengan perencanaan yang matang maka operasional akan semakin mudah dijalankan dalam perusahaan oleh masing-masing divisi atau anggota. Untuk merencanakan keuangan tersebut bukan hanya seorang atau beberapa manajer keuangan yang turun tangan, namun pada masing-masing divisi dapat memberikan rincian apa dan berapa banyak bahan baku atau hal-hal yang berhubungan dengan aktivitasnya untuk didanai.

Rincian perencanaan keuangan yang dibuat untuk masing-masing divisi dalam perusahaan tersebut kemudian dijadikan bahan pertimbangan oleh manajer keuangan sebelum dibuat anggaran atau budgeting.

Jadi dalam perencanaan keuangan ini setiap divisi harus melaporkan apa saja yang dibutuhkan untuk menjalankan tugas atau kewajiban mereka dalam satu periode atau untuk beberapa waktu kedepan.

2. Penganggaran/ Budgeting
Anggaran yang menyangkut tentang keuangan suatu perusahaan sangat penting untuk diperhatikan. Anggaran keuangan ini berhubungan dengan kegiatan operasional perusahaan. Penganggaran ini akan membantu tanggung jawab, target kerja serta tugas masing-masing individu menjadi lebih jelas.

Mengenai perencanaan maka laba yang diharapkan oleh perusahaan maka manajemen keuangan ini bisa meminimalkan biaya yang mungkin terjadi pada setiap operasional perusahaan. Yang menjadi masalah saat ini, sejauh mana anggaran perusahaan bisa memenuhi kebutuhan manajemennya maupun perencanaan usahanya.

Anggaran keuangan tersebut merupakan suatu rencana kerja yang disusun secara sistematis dan diwujudkan dalam suatu bentuk kesatuan uang. Anggaran keuangan tersebut kemudian membahas semua kebutuhan pada perusahaan tersebut. Perencanaan keuangan tersebut bisa dalam jangka pendek maupun jangka panjang. Selain itu perencanaan keuangan juga bersifat praktis maupun taktis hingga dengan perencanaan operasional yang disusun secara terpadu dan sistematis.

Untuk melakukan penganggaran pada suatu perusahaan maka yang disusun adalah anggaran kas perusahaan.

Anggaran kas dalam suatu perusahaan akan menunjukkan rencana dan penggunaan kas dalam satu tahun anggaran. Dalam penganggaran ini terdiri dari rencana aliran kas masuk dan juga rencana aliran kas keluar.

Sifat dari aliran kas tersebut baik aliran kas masuk maupun aliran kas keluar maka akan bersifat dengan terus menerus. Aliran kas yang keluar secara terus menerus bisa dilihat dari transaksi setiap hari yang dilakukan oleh perusahaan.

Transaksi secara terus menerus ini bisa berupa pembelian bahan baku untuk kegiatan produksi, pembayaran gaji atau upah karyawan. Transaksi tersebut merupakan pengeluaran kas yang secara terus menerus dilakukan oleh perusahaan, hal ini tentu masuk dalam anggaran keuangan perusahaan.

Aliran kas yang diluar kegiatan yang dilakukan oleh perusahaan sehari-hari maka aliran kas ini juga msuk dalam penganggaran perusahaan.

Anggaran perusahaan yang bersifat non continue ini diantaranya adalah pengeluaran kas yang menyangkut pembayaran pajak pendapatan, pembayaran dividen, pajak maupun pembelian saham. Dengan menggunakan anggaran kas tersebut maka perusahaan bisa menentukan posisi kas masuk dan kas keluar dari berbagai waktu. Anggaran kas ini pun juga bisa memperkirakan terjadinya penurunan terhadap laba yang diperoleh perusahaan pada waktu tertentu.

Dengan membuat anggaran kas yang juga menjadi aktivitas dalam manajemen keuangan tersebut maka manajer keuangan bisa mempersiapkan belanja perusahaa dalam jangka panjang maupun jangka pendek. Jika terjadi rugi atau penurunan modal maka perusahaan bisa mencari dana tambahan, sebaliknya bisa perusahaa bertambah modalnya maka perusahan bisa menginvestasikan sebagian modal atau menggunakannya untuk operasional perusahaan.

Selain itu ketika manajer keuangan membuat anggaran kas hal ini juga bisa digunakan sebagai dasar kebijakan untuk mendapatkan modal. Yang lebih penting bahwa dalam pembuatan anggaran kas ini maka bisa dijadikan penilaian terhadap realisasi pengeluaran kas yang sebenarnya.

E. PRINSIP MANAJEMEN KEUANGAN
Manajemen keuangan memang dibutuhkan untuk semua perusahaan bahkan untuk perseorangan, sayangnya dalam hal ini amsaih sedikit orang yang memahaminya. Yang menjadi pertimbangan dalam suatu usaha memang masalah keuangan sehingga manajemen keuangan memang harus memiliki beberapa prinsip yang nantinya akan digunakan oleh manajer kejuangan untuk meminimalkan biaya perusahaan namun untuk memaksimalkan laba perusahaan.

Modal yang dimiliki perusahaan adalah suatu hal yang harus ditambah bukan dikurangi, jadi ketika suatu perusahaan menambahkan modalnya, hal ini bisa membuat operasional perusahaan menjadi lebih baik, namun ketika perusahaan sering mengurangi modanya, bisa jadi mereka tidak menerapkan beberapa prinsip manajemen keuangan yang tepat.

Berikut beberapa prinsip manajemen keuangan yang penting untuk diterapkan dalam perusahaan:

• Akuntabilitas
Akuntabilitas adalah salah satu prinsip dari manajemen keuangan yang harus dimiliki suatu perusahaan. Akuntabilitas tersebut merupakan kewajiban hukum atau moral yang ada pada masing-masing individu, kelompok maupun suatu organisasi yang merenangkan bagaimana dana yang diberikan kepada pihak ketiga sudah digunakan.

Misalnya saja suatu perusahaan telah menggunakan dana yang diberikan oleh bank untuk perusahaan mereka, maka manajer keuangan sebagai perwakilan dari perusahaan tersebut harus bisa menjelaskan bagaimana perusahaan menghabiskan atau memakai dana tersebut, untuk apa, berapa besar dan bagaimana dana tersebut digunakan.

Semua anggota yang berkepentingan dalam perusahaan tersebut harus mengetahui penggunaan dana yang diberikan oleh pihak ketiga dan mereka harus mengetahui kewenangan yang digunakan dalam perusahaan. Prinsip ini akan menghindarkan perusahaan dari penyimpangan penggunaan dana yang tidak tepat.

• Konsisten
Manajemen keuangan dalam suatu perusahaan haruslah konsisten, hal ini bisa dlihat dari kebijakan keuangan dan laporan keuangan yang dibuat dari waktu kewaktu. Namun konsistensi dalam hal ini bukanlah menuntut sistem keuangan harus sama, namun sistem keuangan bisa disesuaikan ketika struktur oerganisasi perusahaan berubah.

Bila manajemen keuangan tidak konsisten hal ini bisa menimbulkan manupulasi dalam pengelolaan keuangan. Bila manipulasi terjadi tentu dana yang ada dalam perusahaan tidak bisa dimanfaatkan secara efektif untuk operasional perusahaan. Sebagai akibatnya perusahaan akan mengalami kerugian karena penyimpangan dana yang dimiliki.

Karena itu dalam manajemen keuangan seorang manajer keuangan harus memiliki konsistensi dalam pengelolaan keuangan perusahaan. Konsistensi ini bisa ditunjukkan dari pengelolaan dana yang dimulai dari perencanaan hingga menjadi laba perusahaan yang bisa dipertanggung jawabkan. Bila pengeluaran kasa dan pemasukan kas tidak bisa dipertanggung jawabkan tentu kedepannya perusahaan tidak bisa menjalankan usaha dengan lancar.

• Transparan
Dalam suatu organisasi atau perusahaan, masing-masing anggota harus transparan atau terbuka dengan apa yang menjadi kewajibannya sehingga mereka bisa memberikan informasi yang berhubungan dengan rencana maupun aktivitas pihak yang berkepentingan.

Dalam hal ini lebih terlihat tugas seorang manajer keuangan dalam pembuatan laporan keuangan. Laporan keuangan yang dibuat oleh manajer keuangan haruslah transparan karena laporan keuangan tersebut harus dilaporkan dengan data yang benar-benar tepat waktu, lengkap dan akurat. Laporan keuangan yang disajikan oleh manajer keuangan harus mudah diakses oleh pemilik perusahaan atau pihak yang berkepentingan.

Bila dalam perusahaan tersebut penyampaian informasi terutama informasi yang berkaitan dengan keuangan tidak transparan maka hal ini bisa dikatakan ada sesuatu yang disembunyikan.

Kecurangan mungkin bisa terjadi ketika pelaporan keungan tersebut tidak sesuai dengan kenyataan atau tidak akurat. Bila manajemen keuangan perusahaan tidak bisa dijalankan dengan baik maka keuangan perusahaan pun juga tidak bisa dikontrol dengan baik pula.

• Integritas
Prinsip manajemen keuangan selanjutnya adalah intergritas yang berarti dalam pelaksanaan kegiatan operasional perusahaan setiap individu yang terlibat didalamnya harus memiliki integritas yang tinggi.

Selain masing- masing anggota harus berintegritas yang tinggi, hal yang tdiak boleh dilewatkan adalah mengenai laporan keuangan perusahaan. Laporan keuangan tersebut haruslah dipelihara intergritasnya dengan cara menjaga kelengkapan pencatatan dan pelaporannya benar-benar akurat.

• Pengelolaan keuangan
Suatu perusahaan atau organisasi marus bisa mengelola dengan baik dana yang dimiliki baik dana sendiri maupun dana yang didapatkan dari pihak lain. Dengan pengelolaan yang baik tersebut maka perusahaan bisa memberikan jaminan bahwa dana yang dimiliki bisa digunakan untuk mencapai tujuan yang telah direncanakan.

Bila perusahan bisa mengelola keuangan dengan baik maka hal selanjutnya yang harus diperhatikan adalah mengidentifikasi beberapa resiko yang mungkin terjadi dalam hal keuangan mereka. Ketika hal ini terjadi maka langkah selanjutnya adalah dengan membuat sistem yang bisa mengendalikan keuangan sesuai dengan perusahaan.

• Sesuai dengan standart akuntansi
Pelaporan keuangan yang dibuat oleh manajer keuangan haruslah berdasarkan standart akuntansi. Sistem akuntansi dan keuangan yang digunakan dalam perusahaan harus sesuai dengan aturan yang berlaku.

• Analisis Sumber dana perusahaan
Dana yang dimiliki oleh perusahaan terdiri dari dana yang dimiliki sendiri saat perusahaan tersebut dibentuk atau saat penyetoran modal pertama atau dana yang didapatkan dari pihak lainnya, baik dari bank maupun dari investor. Manajemen keuangan juga mencakup tentang analisa dana yang memperlihatkan bagaimana perusahaan mendapatkan dana tersebut.

Analisis yang digunakan untuk mengetahui sumber dana tersebut biasanya digunakan adalah analisis rasio dan proporsional. Langkah yang bisa diambil perusahaan untuk mengetahui penggunaan dana adalah dengan membuat laporan perubahan berdasarkan pada neraca yang disusun untuk dua periode. Dua neraca yang dibuat dalam dua periode berbeda tersebut akan menggambarkan perubahan yang terjadi pada beberapa komponen didalamnya.

Misalnya saja laporan keuangan pada bulan Januari dan bulan Februari, maka untuk penyusunan laporan keungan yang terdiri dari neraca, laporan laba/ rugi, laporan perubahan modal dan arus kas maka pada masing-masing lapora untuk kedua periode tersebut tidak sama. Mungkin ada penambahan biaya operasional atau penurunan biaya operasional pada bulan februari.

Selain itu masih banyak lagi komponen dalam laporan keuangan yang bisa dibandingkan apakah mengalami defisit atau mengalami peningkatan.

Untuk menghitung rasio keuangan dalam suatu perusahaan maka ada beberapa perhitungan yang bisa digunakan diantaranya adalah:

• Rasio Likuiditas
Dalam perhitungan ini maka yang diukur adalah tentang kemampuan perusahan untuk membayar kewajibannya terhadap utang jangka pendek perusahaan pada bank atau lembaga keuangan lainnya. Bila perusahaan mampu membayar utang dengan baik maka likuiditasnya juga akan bagus namun bila kewajibab perusahaan tidak bisa dibayar dengan baik maka likuiditasnya pun aka turun atau jelek. Sebagai akibatnya perusahaan akan kesulitan ketika mengajukan pinjaman dana kepada bank atau lembaga keuangan lainnya.

• Rasio pofitabilitas
Pengukuran ini digunakan untuk mengetahui seberapa besar laba yang dihasilka oleh perusahaan terhadap kegiatan operasionalnya dan kegiatan lain diluar operasional perusahaan. Bila perusahaan mendapatkan laba yang besar maka manajemen perusahaan tersebut cukup efektif, sedangkan bila perusahaan merugi secara terus menerus maka manajemen dalam perusahaan tersebut tidak bekerja secara efektif.

• Rasio pengukuran dana
Rasio pengukuran ini adalah untuk mengetahui seberapa banyak dana yang didapatkan perusahaan dari pihak lain atau kreditur.

• Rasio pertumbuhan
Rasio ini digunakan untuk pengukur pertumbuhan suatu perusahaan yang bisa dilihat dari pertumbuhan ekonomi perusahaan tersebut.

F. PENGAMBILAN KEPUTUSAN MANAJEMEN KEUANGAN
Dalam manajemen keuangan,setiap pengambilan keputusan adalah hal yang harus dipertimbangkan dengan cermat. Bila pengambilan keputusan tersebut dilakukan sembarangan maka perusahaan tidak bisa bekerja dengan maksimal. Karena itu setiap keputusan yang diambil baik oleh manajer keuangan maupun pihak terkait dengan perusahaan harus sesuai dengan prosedur dan masuk akal yang bisa membuat perusahaan lebih maju atau menguntungkan perusahaan.

Berikut beberapa keputusan yang harus diambil oleh manajemen keuangan:

• Keputusan terhadap aktiva
Pengambilan keputusan ini merupakan suatu keputusan yang berhubungan dengan seluruh aktiva perusahaan yang nantinya akan dikelola oleh perusahaan tersebut. Aktiva dalam perusahaan bisa berupa aktiva lancar maupun aktiva tepat, aktiva lancar meliputi kas yang berada di tangan, kas pada bank atau simpanan dana perusahaan di bank, piutang, persediaan barang dagangan dan perlengkapan.

Sedangkan aktiva tetap perusahaan bisa berupa gedung, tanah, mobil atau kendaraan, mesin dan peralatan yang digunakan untuk operasional. Keputusan terhadap pemanfaatan aktiva tersebut harus dipikirkan baik dalam jangka pendek maupun jangka panjang.

• Keputusan terhadap sumber dana
Selain keputusan terhadap aktiva, manajemen keuangan juga harus bisa mengambil keputusan yang berkaitan dengan sumber dana yang digunakan untuk belanja perusahaan. Pembelanjaan perusahaan harus diminimalkan namun tidak mengurangi kegiatan operasional perusahaan.

Hal ini bisa dilakukan dengan membuat anggaran keuangan atau anggaran kas yang telah dijelaskan diatas. Dengan penganggaran tersebut maka pengambilan keputusan terhadap sumber dana perusahaan semakin mudah dilakukan. Semakin bijak perusahaan dalam pengambilan keputusan terhadap sumber dana maka semakin mudah pula perusahaan menjalankan operasionalnya.

Dari beberapa penjelasan diatas jelas bahwa suatu perusahaan harus memiliki suatu manajemen keuangan yang benar-benar tepat. Bila tidak dilandasi dengan manajemen keuangan maka dana yang dimiliki perusahaan tidak bisa digunakan secara maksimal.

Operasional perusahaan membutuhkan dana yang tidak sedikit, bila dalam perencanaan, pengambilan keputusan dan pengelolaan dana tersebut bisa dijalankan dengan tepat, efektif dna efisien maka dalam mendapatkan keuntungan pun perusahaan bisa lebih mudah.

Job Desk Seorang IT Support

 troubleshootingkomputer.com

Untuk beberapa perusahaan besar, IT Support sangat penting, karena itu job desk untuk tiap pekerjaannya juga berbeda – beda, saya sendiri lebih ke Support tetapi agar kinerja kita tidak di pandang sebelah mata kita wajib bekerja dengan profesional

Job Desk IT Support 

Untuk IT staf yang harus dimiliki adalah waktu, karena itu sangat penting. Manager saya pernah bilang “waktu adalah bagaimana kita mengatur jadwal sampai 6 bulan ke depan” jadi selalu gunakan rencana dan jadwal dengan sangat detail.

Seperti saat dinas luar kota atau me-maintenance komputer ditempat kita bekerja, selalu pastikan perlengkapan yang akan dibawa sudah lengkap dan juga jangan lupa untuk membuat catatan cara penanganannya atau solusi mengatasi masalah tersebut.

Tugas
Yang terpenting untuk IT adalah tugas yang harus di lakukan atau To Do List maka saya membagi tugas menjadi dua yaitu :

1. Primer
Tugas ini seperti membuat jadwal maintenance atau perawatan hardware untuk tiap hari. Jika kita memiliki beberapa divisi di tempat kerja kita aturlah jadwal dengan menggunakan form yang kita buat sendiri atau bisa dengan secara online seperti teuxduex agar kita tidak lupa.

Divisi

  • Untuk tiap divisi atau bagian di kantor bisa mengatur Anti Virus agar bisa Update karena ini sangat penting terlebih yang menggunakan Anti Virus berbayar ( Commercial )
  • Setelah itu Software Update juga harus di perhatikan karena tiap komputer memliki tanggal update sendiri, jika menggunakan software bajakan matikan Updatenya agar tidak terjadi masalah dengan software yang kita gunakan
  • Jangan lupa Tinta

    juga di awasi karena kita harus punya stok untuk tinta terlebih yang masih menggunakan printer tinta inject / modif atau infus

  • Jangan lupa untuk selalu cek kabel jaringan mulai dari RJ45, Kabel UTP masih bagus atau tidak, dan LAN Card jika komputer menggunakanya, juga di cek
  • Untuk yang bekerja menggunakan lebih dari satu server, pastikan untuk melakukan tiap hari backup karena kita tidak tahu suatu hari nanti akan ada masalah dengan program atau sistem kantor kita

Administrasi
Tiap IT staf pasti harus bisa administrasi, karena ini juga tugas seorang IT support yang harus memiliki administrasi yang baik dan mudah di baca tentunya

Jika atasan kita mulai bertanya tentang kegiatan kita atau jumlah PC ( personal computer ) yang rusak atau adakah laptop yang masih bisa di gunakan?
Maka kita sudah siap dengan data yang ada, silahkan baca postingan saya tentang Administrasi.


2. Sekunder
Adalah tugas saat kita dibutuhkan, ini adalah tugas ndadak, biasanya untuk aplikasi program diwindows tidak bisa di buka atau error komputer atau juga printer yang macet, jadi tiap telp diruangan kita berdering selalu siap dengan semua perlengkapan.Hardware Trouble
Semua IT support paling sering berurusan dengan yang namanya hardware dan pasti tidak asing lagi, agar lebih mudah dalam mengatasi troubleshooting terutama komputer bisa belajar tips dan trik troubleshooting sederhana untuk komputer.

SPMB / RK
Atau Surat Permintaan Barang ini juga tugas seorang IT support selain hardware dan software kita juga harus siap dengan dokumen ini “permintaan barang”. Bentuk surat permintaan barang ini sangat bervariasi, tergantung dari sistem perusahaan yang berjalan, dan semua berhubungan dengan Purchasing dan Akunting, jadi pastikan jangan mencari musuh dengan divisi purchasing / pembelian dan juga akunting, karena bisa saja barang yang di pesan bisa lama keluarnya / datang. Untuk beberapa perusahaan ada yang permintaan barang IT masuk kedalam kategori teknik, itu karena setiap permintaan elektronik harus masuk ke program, jika menurut saya itu salah karena IT dan Teknik berbeda divisi.

Laporan
Untuk sebagian Staff IT membuat laporan untuk kegiatan harian adalah sangat tidak mungkin, karena hanya ada satu IT Support jadi saya membuat laporan bulanan, selama satu bulan saya membuat dokumen mengenai kerusakan, maintenance, dan juga stok dari perlengkapan IT untuk kantor atau perusahaan.

Untuk laporan harian ke manager saya biasanya membuat manual desk untuk ditanda – tangani, jadi dalam sehari Manager tahu kegiatan dan komplain yang berjalan, sedangkan laporan rincian lengkap saya berikan dalam satu bulan silahkan cek postingan saya tentang Administrasi Untuk Staf IT .

Perusahaan yang sekarang memperkerjakan saya tidak terlalu peduli dengan bentuk laporan IT karena dianggap tidak berguna atau sia – sia, padahal secara profesional, pekerjaan IT Support harus ada history dan recordnya karena suatu saat jobdesk IT bisa menjadi sebuah jasa profesional seperti dokter, pengacara atau divisi khusus.

3. Pheriperal 
Untuk beberapa perusahaan terdapat perlengkapan yang juga masuk kategori sebagai tugas IT Support diantaranya :

CCTV
Sebenarnya CCTV atau

juga tugas IT Support untuk maintenance, karena berhubungan juga dengan IP Address.

Projector
Kebanyakan kantor memiliiki ruang Meeting yang pasti ada perlengkapan elektronik seperti projektor dan juga webcam, jadi bisa meeting secara teleconference tanpa repot datang ke kantor pusat, tugas IT Support adalah memastikan keadaan dari projektor dan webcam tersebut berfungsi dengan baik.

Mungkin itu saja yang bisa saya berikan untuk job desk IT Support, sebenarnya masih banyak Job Desk IT yang lain.

Tugas Tanggung Jawab dan Job Deskripsi HRD

 

Tugas dan Job Deskripsi – Sering kita mendengar kata ‘HRD’, namun tahukah kita apa itu ‘HRD’ ?? Untuk menambah pengetahuan anda, kali ini kami akan mengulas mengenai HRD. HRD merupakan kepanjangan dari Human Resource Development.

Apa itu HRD?

Human Resource Development atau HRD adalah sebuah divisi/posisi jabatan yang bertanggung jawab secara penuh dalam sumber daya manusia suatu perusahaan mulai dari persiapan perekrutan pegawai baru hingga mengurusi kontrak kerjanya.  Singkatnya HRD adalah pengembangan sumber daya manusia atau jika dalam melamar pastinya sudah tidak asing lagi. Yaa, HRD kadang juga di sebut bagian Personalia yang tugasnya memetakan dan menyaring sumber daya manusia dalam suatu perusahaan. Dapat kita simpulkan bahwa HRD merupakan fungsi kerja dalam suatu perusahaan yang secara garis besar bertugas dalam pengelolaan dan pengambangan sumber daya manusia.

Posisi HRD merupakan bagian terpenting dalam perusahaan, karena berkaitan erat dengan sumber daya manusia bagi perusahaan.  Sehingga tak jarang HRD mendapatkan otoritas tinggi dan dominan di manajerial perusahaan dalam mengambil kebijakan untuk karyawannya namun tentu saja hal tersebut sudah menjadi Job Deskripsi HRD.

Tugas dan Tanggung Jawab HRD

Tugas seorang HRD berhubungan dengan sumber daya manusia, maka seorang HRD harus memahami tugas dan tanggung jawabnya. Berikut ini tugas dan tanggung jawab HRD :

  1. Bertanggung jawab mengelola dan mengembangkan sumber daya manusia. Dalam hal ini termasuk perencanaan, pelaksanaan dan pengawasan sumber daya manusia dan pengembangan kualitas sumber daya manusia.
  2. Membuat sistem HR yang efektif dan efisien, misalnya dengan membuat SOP, job description, training and development system dll.
  3. Bertanggung jawab penuh dalam proses rekrutmen karyawan, mulai dari mencari calon karyawan, wawancara hingga seleksi.
  4. Melakukan seleksi, promosi, transfering dan demosi pada karyawan yang dianggap perlu.
  5. Melakukan kegiatan pembinaan, pelatihan dan kegiatan-kegiatan yang berhubungan dengan pengembangan kemampuan, potensi, mental, keterampilan dan pengetahuan karyawan yang sesuai dengan standar perusahaan.
  6. Bertangggung jawab pada hal yang berhubungan dengan absensi karyawan, perhitungan gaji, bonus dan tunjangan.
  7. Membuat kontrak kerja karyawan serta memperbaharui masa berlakunya kontrak kerja.
  8. Melakukan tindakan disipliner pada karyawan yang melanggar peraturan atau kebijakan perusahaan.

Kriteria Seorang HRD (Human Resource Development)

Anda sudah membaca tugas dan tanggung jawab HRD di atas, untuk menjalankan job desk seorang HRD harus memenuhi beberapa kriteria berikut ini :

  1. Memiliki jiwa kepemimpianan yang baik
  2. Memiliki kemampuan berkomunikasi yang baik
  3. Dapat menterjemahkan strategi perusahaan dalam bentuk kebijakan HR yang tepat.
  4. Dapat mengelola perubahan-perubahan yang terjadi di perusahaan secara efektif.
  5. Seorang HRD harus memiliki business knowledge yang baik.
  6. Seorang HRD harus memiliki kemampuan dapat mempengaruhi dan memahami orang lain.
  7. Memiliki kemampuan khusus, seperti dapat mengoperasikan alat tes psikologi, memahami undang-undang ketenagakerjaan, sistem penggajian dll.
  8. Memiliki pengetahuan mengenai prosedur dan proses rekrutmen.

Anda berminat menjadi seorang HRD ? Selain Anda harus bisa melakukan tugas dan tanggung jawab yang kami sebutkan di atas tentunya Anda juga harus sabar dan bijak dalam menghadapi karyawan dengan berbagai karakter.

Terimakasih telah berkunjung situs kami semoga tulisan di atas bisa dijadikan referensi dan tambahan wawasan bagi anda semua.

Pengertian, Fungsi, Dan Tugas Marketing Secara Lengkap

Pengertian, Fungsi, Dan Tugas Marketing Secara Lengkap – Didalam sebuah perusahan tenaga marketing sangat dibutuhkan untuk perusahaan dalam hal memperkenalkan suatu produk nya kepada konsumen. Didalam perusahanan marketing akan menentukan maju atau mundurnya sebuah perusahaan. Pada kesempatan kali ini disini akan mengulas tentang marketing secara lengkap. Oleh karena itu marilah simak ulasan yang ada dibawah berikut ini.

 

Pengertian Marketing

Pemasaran atau marketing ialah suatu rangkaian kegiatan untuk memenuhi kebutuhan dan kepuasan konsumen. Caranya dengan membuat produk, menentukan harganya, tempat penjualannya dan mempromosikan produk tersebut kepada para konsumen.

Atau definisi marketing yakni suatu perpaduan antara kegiatan-kegiatan yang saling berhubungan untuk bisa mengetahui apa yang dibutuhkan oleh konsumen sehingga perusahaan bisa mengembangkan produk, harga, pelayanan dan melakukan promosi agar kebutuhan konsumen bisa terpenuhi serta perusahaan mendapatkan sebuah keuntungan.

Marketing memang sangat erat kaitannya dengan kegiatan kehidupan kita sehari-hari karena objeknya yaitu Konsumen. Biasanaya kita sebagai konsumen sering dihadapkan pada beberapa pilihan seperti memilih merek dari produk tertentu yang hendak kita beli, dimana kita akan membelinya dan menentukan waktu ataupun kualitas saat melakukan pembelian. Jadi kita sebagai konsumen bisa dijadikan informasi yang dibutuhkan oleh para Marketer dalam melakukan suatu kegiatan marketing.

Fungsi Marketing

Beberapa fungsi marketing pada perusahaan, diantaranya yaitu sebagai berikut :

1. Fungsi pertukaran

Dengan marketing, konsumen bisa membeli produk yang berasal dari produsen baik itu dengan menukar uang dengan produk ataupun melakukan suatu pertukaran produk dengan produk untuk digunakan sendiri ataupun untuk dijual kembali.

2. Fungsi distribusi fisik

Distribusi fisik pada produk dilakukan dengan cara mengangkut dan menyimpan produk. Produk yang berasal dari produsen akan memenuhi kebutuhan para konsumen dan disalurkan melalui darat, air atau udara. Lalu dalam penyimpanan produk dilakukan dengan cara mengendapkan dan menjaga pasokan produk agar tidak terjadi kekurangan pada saat diperlukan.

3. Fungsi perantara

Untuk bisa menyampaikan produk dari produsen kepada konsumen dilakukan lewat perantara pemasaran atau marketing yang menghubungkan kegiatan pertukaran dengan distribusi fisik. Aktivitas fungsi perantara antara lainnya yaitu seperti pembiayaan, pencarian informasi, pengelompokan produk, dan lain sebagai nya.

Tugas Marketing

  • Sebagai bagian yang memperkenalkan suatu perusahaan kepada masyarakat, melalui produk yang dibuat oleh perusahaan tersebut.
  • Bertugas dalam menghasilkan pendapatan bagi perusahaan dengan cara menjual produk perusahaan tersebut.
  • Bertugas dalam menjalin hubungan baik dengan pelanggan dan masyarakat serta menjembatani antara perusahaan dengan lingkungan eksternal.
  • Bertugas untuk menyerap informasi dan menyampaikan kepada perusahaan tentang segala sesuatu yang bermanfaat untuk meningkatkan kualitas dan penjualan produk.

Itulah ulasan tentang Pengertian, Fungsi, Dan Tugas Marketing Secara Lengkap. Semoga apa yang diulas diatas bermanfaat bagi pembaca. Sekian dan terimakasih.

Pengertian Arti Operator Produksi Tugas dan Tanggung Jawab

OKAY.. We Start Meaning Definition Production Operator Duties and Responsibilities !!!

Berdasarkan dari sebutan, nama, jabatan, OPERATOR PRODUKSI mungkin banyak orang yang kurang paham apa itu operator produksi??
Disini aku mencoba share atau membahas “Pengertian Arti Operator Produksi Tugas dan Tanggung Jawab” sebagai orang yang sebenarnya tidak berpengalaman dalam bidang kerja seperti yang akan dibahas, karna sebenarnya ini pengalaman keingin tahuan apa sii operator produksi itu, juga tugas dan tanggung jawab seperti apa??
Nahh… ini yang akan membuat menarik karna disini yang akan saya sahre menurut survey kesetiap perusahaan manufacturing khususnya basic produck otomotif yang saya survey.

Pengertian Operator Produksi adalah pekerja laki-laki / perempuan yang bekerja disuatu pabrik dengan mengoperasikan sebuah mesin atau peralatan suatu pabrik dengan prosedur berdasarkan intruksi dari perusahaan. Selain itu operator produksi adalah orang atau pekerja yang mengolah dari suatu bahan baku menjadi bahan jadi yang siap dikemas atau diolah dan dipasarkan atau dipasok ke pabrik pabrik dengan prioritas yang menjadi dasar prosedur perusahaan.

Tugas dan Tanggung Jawab

  • Dasar kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) bagian produksi perusahaan yang telah melewati pelatian khusus yang tentunya sangat berbeda dengan pelatihan pekerja pabrik pada umumnya. Hal ini dilaksakan berdasarkan standar prosedur perusahaan
  • Melaksanakan proses produksi dengan prosedur berdasarkan target kualitas perusahaan, mengoperasikan mesin, mengolah dan mengontrol proses produksi
  • Melaksanakan, mengatur serta mengontrol dari bahan dasar “baku” menjadi bahan jadi proses produksi dengan target bedasarkan prosedur perusahaan
  • Mengutamakan disiplin kerja, keselamatan kerja, keamanan berstandarkan prosedur perusahaan dan kesehatan yang menjadikan hal yang diutamakan dalam cacatan perusahaan
Seperti itulah survey tentang Pengertian Arti Operator Produksi Tugas dan Tanggung Jawab.
Sekian dulu buat kalian BROTHER ME pembahasan di sini saat ini bisa aku share dan semoga bermannfaat dan bisa menambah wawasan dan pemahaman baru, ilmu baru, dan materi baru untuk kalian ceritakan ke brother me yang lain-lainnya.
PESAN ; Tidaklah kalian sebagai pekerja jika hanya keluhan yang kalian orasikan. karna orang yang disebut pekerja adalah orang yang mengerti tugas dan tanggung jawab